Pertama
putar baut langsam menggunakan obeng pada karbu ke arah kanan hingga idle motor
terasa tinggi, kencangkan/putar ke arah kanan baut setelan angin hingga mentok
tarik sekali gas (geber maksudnye) setelah itu kendorkan baut setelan angin perlahan
sambil dirasakan (pake feeling gitu) mesin meraung paling konsisten artinya
tidak brebet atau nembak2 geber sekali selesai deh. Untuk mengecek baner atau
gaknya setelan bro bisa ngecek lewat keadaan ujung busi kalo item berarti
setelan angin kurang dibuka (boros), jika putih pucat berarti setelan terlalu
terbuka (keiritan saking pelitnya), warna merah bata pada busi adalah kondisi
setelan pas.
Tambahan
dari saya kalo setting karbu motor sebaiknya jangan tahan gas pake tangan,
apalagi biasanya nyettingnya sambil digeber-geber selesai setting tambah juga
digeber2 itu namanya pemerkosaan terhadap mesin. Kalo sayang ama motor kita gak
perlu lakukan hal seperti itu,perlu diingat mesin motor baik konvesional maupun
beradiator sangat bergantung pendinginan pada hembusan angin pada waktu melaju,
tidak seperti mobil yang memiliki ekstra fan pada radiatornya jadi baik diem
atau jalan mobil sich cool2 aja. Lama kelamaan komponen mesin cepet aus
walaupun tidak terasa dalam jangka waktu pendek, dari pabrikan juga menganjurkan
pemanasan motor pada pagi hari tidak lebih dari 2 menit.Yang lebih jengkelkan
lagi kalo servis di bengkel waktu nyetting digeber2 bikin naek darah, kan ntuh
mekanikkan gak ngerasain beli ntuh motor jadi mana peduli doi. Sekian posting
dari saya semoga bisa membantu ditunggu masukan dan pertanyaan seputar motor,
salam peace dan first safety riding.
0 komentar:
Posting Komentar